Denpost

Baliho Paket Suwasta Dirusak

Mobil Plat Merah Dipakai Kampanye

Baliho Paket Suwasta Dirusak. Mobil Plat Merah Dipakai Kampanye-1Semarapura, DenPost
Riak-riak politik menjelang Pilbup Klungkung menampakkan suhu menghangat. Perusakan atau perobekan baliho milik bakal calon kandidat bupati dan wakil bupati mulai terjadi. Hal ini terlihat pada baliho milik paket Suwasta (Suwirta dan Kasta).  Beberapa baliho milik kandidat yang diusung koalisi partai Gerindra, PNBK Indonesia dan PKPB ini terlihat dirusak di ruas jalan raya umum Desa Penasan, Banjarangkan, Klungkung, Senin (10/6).
Dari pantauan kemarin, ada dua baliho bergambar paket Suwasta yang rusak. Kondisi ini terlihat jelas di bagian timur jalan raya Penasan, di mana baliho berukuran besar itu dirobek bagian tengahnya. Keadaan lebih buruk menimpa baliho mereka di bagian timur utara jalan, persisnya di pertigaan Dusun Gde Penasan. Baliho besar dilepas dari kayu penyangga dan kayu yang dipakai penyangga dipatahkan. Sementara gambar balihonya diletakkan di atas tembok rumah warga.  

Baliho Paket Suwasta Dirusak. Mobil Plat Merah Dipakai Kampanye-2Salah seorang tim pemenangan paket Suwasta, Komang Suantra, yang dimintai tanggapan atas insiden tersebut kemarin mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dari korcam. Namun, dia menyebut tidak tahu persis berapa nilai kerugian yang dialami kandidat yang diusungnya akibat perusakan itu. Termasuk apa motif pelakunya, apakah lantaran benci dengan paket Suwasta atau ada latar belakang persoalan lain.
Namun, terlepas apa pangkal persoalannya, Suantara yang akrab dipanggil Otal ini akan melaporkann ke tim advokasi paket Suwasta. “Kami hanya menunggu saja tindakan dari tim advonasi nanti,” urainya.
Kendati ini merupakan perbuatan tidak menyenangkan, anggota DPRD Klungkung dari PNBK Indonesia ini mengaku tidak akan balas dendam. Dia mengaku menyerahkan sepenuhnya ke masyarakat untuk menilai peristiwa tersebut, karena paket Suwasta yang diusungnya menerapkan politik santun.
Didesak apakah akan melapor ke polisi, Suantara kembali menegaskan menyerahkankan sepenuhnya penanganan masalah itu ke tim advokasi. Hanya, buru-buru dia menambahkan, jika memang ditemukan ada faktor kesengajaan, laporan ke polisi juga bukan mustahil dilakukan. Apalagi tidak hanya baliho di wilayah Penasan yang dirusak, ada pula baliho di wilayah Br. Siku, Kamasan, yang dirusak. Padahal lokasi pemasangan persis di dekat rumah bakal calon bupati, Nyoman Suwirta.

Yang menarik, bukan hanya perusakan baliho yang terjadi menjelang Pilbup Klungkung. Bentuk dukungan dengan cara tak biasa juga terlihat kemarin. Yakni ada mobil berpelat merah dengan nomor polisi DK 1004 D ikut dipakai kampanye dengan dipenuhi gambar stiker bakal calon bupati paket Bagus (Tjokorda Bagus Oka dan IB Adnyana). Mobil Kijang tua tersebut terlihat mejeng di depan satu toko, tepatnya  di jalan raya Br. Pande, Klungkung. Bagian kaca depan dan sampingnya dijejali stiker paket Bagus.
Bakal calon bupati, Tjokorda Bagus Oka, ketika dimintai konfirmasi adanya mobil pelat merah yang dipakai kampanye itu berdalih mobil tersebut kemungkinan mobil lelangan. Pemiliknya diperkirakan belum sempat mengganti atau membuka stikernya. Dia menyebut mobil tersebut merupakan milik mantan anggota DPRD Klungkung, Landra Hariawan. “Mungkin belum sempat diganti aja,” ujarnya singkat. (119)

Facebook

Twitter

Komentar Terakhir

Guest (made bravo)
Yang begini ini bikin bali leteh. Bule beristri pribumi bermental begini bukan cuma satu. Orang bali...
Guest (jeg konyang tanem pis APBD DITU pang sepalan...)
Guest (putu lontong benyex)
Manusia tdk punya moral, inisial nya diungkapkan sj biar khalayak reme tau semua,potonya di uplot j...
Guest (putu lontong benyex)
Manusia tdk punya moral, inisial nya diungkapkan sj biar khalayak reme tau semua,potonya di uplot j...
Guest (kang badax)
Denpost - Media Komunitas Masyarakat Bali © 2011 Denpost Design by Fresh CMS