Denpost

Konstruksi Lintasan Panjat Tebing Mengkhawartirkan

no-imageDenpasar, DenPost
Konstruksi bangunan lintasan panjat tebing di kompleks Lapangan Kompyang Sujana, sangat riskan dan membayakan. Oleh sebab itu, pembangunan lintasan tidak boleh berpikir pendek untuk satu atau dua tahun, tetapi venue Porprov tersebut harus ajeg dan tahan banting untuk jangka panjang.
Ketua Komisi B DPRD Kota Denpasar Eko Supriadi, seusai meninjau ke lokasi, pasa Sabtu (17/8) sore, menilai, kerangka besi menjulang setinggi 20 meter, tanpa ditopang penyangga sangat riskan. ''Kerangka besi setinggi 20 meter, apakah tidak perlu penyangga di belakangnya,'' ujarnya, Minggu (18/8) kemarin.

Eko mengkhawatirkan, kerangka besi yang bakal dipasang panel-panel, ditambah beban atlet apakah kokoh jika diterpa angin kencang. ''Yang saya khawatirkan, jika tanpa penyangga besi di belakangnya atau sebelah timur, kemudian ditiup angin kencang bakal ambruk ke timur menimpa gedung kantor camat Denpasar Barat,'' tuturnya. Dia sendiri belum tahu kekuatan pondasi yang menahan berat besi. ''Apakah kuat dan kokoh lintasan panjat tebing ini tanpa penyangga di belakangnya, dan hanya bertumpu pada daya cengkeram pondasi,'' tanya anggota Fraksi PDI-P ini.

Ia berpendapat, pengerjaan lintasan panjat tebing terkesan dipaksakan guna mematok target bisa rampung saat pelaksanaan Porprov, tanpa memikirkan kualitas bangunan. ''Kami sebenarnya malu, justru perhelatan multievent dua tahunan di ibu kota provinsi Bali ini, venue belum rampung,'' ucapnya. Padahal, lanjut dia, keputusan Denpasar menjadi tuan rumah sudah dua tahun silam. ''Mengapa persiapan sangat mepet, masak tinggal menghitung hari venue belum rampung,'' kata dia. Di samping itu, proyek yang menelan dana Rp 2.911.356.000 ini mencapai tinggi 20 meter, sedangkan jika mengacu peraturan pemerintah bangunan paling tinggi maksimal 15 meter. (108)

Facebook

Twitter

Komentar Terakhir

Guest (Alit wiartana Kerobokan kelod.)
Pak made Sujana, coba diberikan satu contoh upaya bpk kebijakan yg berpihak kpd masy lokal dlm permo...
Guest (suyasa)
Makanya jgn sbuk kampanye pak. Urus dulu pekerjaanmu sbg PNS. Ngurus pajak air tanah aja blm becus, ...
Guest (rai mengwi)
Bapak- bapak..mari kita berpikir dewasa dong...jgn hanya mikirin diri sendiri.....utk menjaga Bali y...
Guest (Gede)
Memang benar Moge sangat mengganggu…. Tak peduli lampu lalulintas pun dilanggar seolah-olah mereka...
Guest (Alit wiartana kerobokan kelod)
Anggaran telah ditetapkan dan Gayung bersambut, yg penting sekarang Pelaksanaan dan Pengawasan, bila...
Denpost - Media Komunitas Masyarakat Bali © 2011 Denpost Design by Fresh CMS