Denpost

Selasa, 02 September 2014

Poltekkes Denpasar Gelar Lomba Debat Sanitasi

no-imageDenpasar, DenPost
Jurusan Kesehatan Lingkungan, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Denpasar, menggelar lomba karya tulis ilmilah (debat sanitasi) SMA se-Bali. Acara dengan tema “Intervensi Sanitasi Sebagai Perlindungan Lingkungan dan Aset Kesehatan Masa Depan” itu bertempat di Auditorium Poltekkes setempat, di Jalan Sanitasi, No I, Sidakarya, Depasar, Rabu (28/8) lalu. Ketua Panitia sekaligus Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Denpasar, I Nyoman Purna, S.Pd, M.Si, mengungkapkan, tujuan  diselenggarakannya debat sanitasi ini untuk menanamkan pemahaman pentingnya santiasi pada generasi muda hususnya pelajar. “Supaya kedepannya, meraka bisa menjadi agen-agen sanitasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Purna, sanitasi dalam arti luas sebenarnya kunci utama kesehatan manusia dan lingkungan dalam jangka panjang. Jika sanitasi itu baik, maka seluruh masyarakat bisa hidup sehat. Namun pemahaman sanitasi bagi masyarakat masih lemah. Contoh, bila sakit harus berobat ke rumah sakit. Padahal penyebab dan tindakan pencegahan itu jauh lebih penting. “Seperti penyehatan air agar kebersihannya tetap terjaga, makan-makanan yang sehat (tanpa sat-sat pewarna yang mengandung kimia), menjaga kebersihan rumah dan penanganan sampah.  Pola kasar sanitasi itu adalah hidup bersih dan sehat (PHBS),” paparnya.

Dikatakan, menerapkan pemahaman sanitasi mulai pelajar agar mereka bisa menyampaikan ke orang tua selanjutnya disebarluaskan pada lingkungan masyarakat. “Selain pada siswa, kami juga mensosialisasikan pentingnya sanitasi secara non formal. Yakni melaui kegiatan kerja sosial dan desa binaan,” imbuhnya.
Melaui acara debat tersebut, Purna selaku pengelola pendidikan berharap, para pelajar SMA seluruh Bali menjadi agen-agen dalam bidang sanitasi. Sebab sanitasi merupakan dasar kesehatan manusia dan lingkungan. “Definisi sanitasi adalah segala faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia termasuk perilaku,” tandasnya. (124)

Facebook

Twitter

Komentar Terakhir

Guest (pande)
Kenapa harus bagi bagi kuetar...kaya tikus tikus kantor...
Guest (wayan sudharya)
Kala suka meremehkan masyarakat begitulah konsekuensi-logisnya Dan terimalah ITU sekarang!!!
Guest (Xavier Clapin-Pépin)
Dear AREBI Bali Dilantik, I would like to know if the training is giving in english too ? Thank yo...
Guest (Lodra)
Kumuh dimana2 semua karean pendatang yg tidak terkontrol. Sementara bupati tabanan dapat prestasi bi...
Guest (wayan sudharya)
Kalau untuk hal-hal yang tidal prinsipil Dan signifikant sebaiknya jangan dipersoalkan karena ITU ha...
Denpost - Media Komunitas Masyarakat Bali © 2011 Denpost Design by Fresh CMS