Denpost

Senderan Jebol, Warga Subaya Terancam Terisolir

Senderan Jebol Warga Subaya Terancam TerisolirBangli, DenPost
Ratusan KK warga yang tinggal di Desa Subaya, Kintamani, Bangli terancam terisolir. Pasalnya, satu-satunya akses jalan menuju desa di balik Bukit Penulisan itu jebol, tepatnya di perbatasan dengan Desa Sukawana. Meski kondisi itu sudah berlangsung cukup lama, namun sampai kini belum mendapat perbaikan.
Menurut sejumlah warga, senderan jalan itu jebol sekitar enam bulan lalu akibat digerus air hujan. Longsoran itu meski belum mengambrukkan aspal, namun sudah merongrong jalan dari bawah. Akibatnya kendaraan tidak berani melintas karena takut ambruk. Sementara belum mendapat perbaikan, warga sekitar memasang sejumlah batu di tengah jalan agar pengguna jalan ngeh ada jalan jebol.
”Jalan ini tergerus cukup lama akibat air hujan. Meski aspalnya tidak jebol, tetapi kendaraan tidak berani melintas di atasnya karena gerusan di bawah membentuk gua sehingga takut jebol,” ujar warga tersebut, Jumat (19/7) kemarin.

Perbekel Desa Subaya, Ketut Suar, S.S., mengatakan, jalan itu merupakan satu-satunya akses menuju Desa Subaya. Kalau jebolnya senderan itu akibat gerusan air hujan tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan aspal jebol. Akibatnya ratusan warga Desa Subaya terancam terisolir karena tidak ada jalan alternatif lainnya. ‘’Senderan jalan itu jebol sekitar enam meter oleh air hujan. Kami khawatir jika tidak diperbaiki aspalnya ikut jebol karena di bawah sudah membentuk terowongan. Sekarang saja tidak ada kendaraan berani melintas di atasnya,’’ terang Suar.
Ditambahkan, sedikitnya dua titik senderan jebol akibat gerusan air hujan. Satu titik jebolan ada di dekat perkampungan Desa Subaya. Tetapi kondisinya tidak terlalu parah. Sementara itu, juga dikatakan, kondisi jalan di desa itu banyak cupangnya. Dengan medan yang tidak bersahabat, kondisi itu tentunya sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Sehingga pihaknya sangat mengharapkan agar pemerintah turun tangan memperbaiki kondisi jalan tersebut. (122)

Facebook

Twitter

Komentar Terakhir

Guest (suyasa)
Makanya jgn sbuk kampanye pak. Urus dulu pekerjaanmu sbg PNS. Ngurus pajak air tanah aja blm becus, ...
Guest (rai mengwi)
Bapak- bapak..mari kita berpikir dewasa dong...jgn hanya mikirin diri sendiri.....utk menjaga Bali y...
Guest (Gede)
Memang benar Moge sangat mengganggu…. Tak peduli lampu lalulintas pun dilanggar seolah-olah mereka...
Guest (Alit wiartana kerobokan kelod)
Anggaran telah ditetapkan dan Gayung bersambut, yg penting sekarang Pelaksanaan dan Pengawasan, bila...
Guest (kang badax)
****ing ndass keleeng.... bangsaattt..... *****an totonan..... jeg hukum gend sesuai jak kelakuanne....
Denpost - Media Komunitas Masyarakat Bali © 2011 Denpost Design by Fresh CMS