Denpost

Disiplin Anggota Dinilai Kurang, Kapolres Berang. Puluhan Anggota Dijemur Saat Simulasi

Disiplin Anggota Dinilai Kurang Kapolres Berang. Puluhan Anggota Dijemur Saat SimulasiNegara, DenPost
Polres Jembrana mengadakan simulasi penanganan kerusuhan/pengamanan Pemilukada Bali 2013 di GOR Kresna Jvara, Banjar Sawe, Dauh Waru, Jembrana, Kamis (25/4) kemarin. Ada 620 orang yang terlibat dalam kegiatan simulasi ini yang merupakan rangkaian dari kegiatan latihan Praoperasi Mantap Praja Agung 2013 yang berlangsung selama tiga hari. Simulasi disaksikan Kapolres Jembrana, AKBP Komang Sandi Arsana dan jajarannya.

Sebelum kegiatan simulasi, Kapolres Jembrana AKBP Komang Sandi Arsana tampak marah-marah kepada puluhan anggota di luar anggota yang terlibat sebagai pemain dalam simulasi. Puluhan anggota yang sebelumnya mengikuti Lat Pra Ops ini memang tidak terlibat sebagai pemeran dalam simulasi, namun diharapkan bisa mengikuti dan melihat puluhan rekan lainnya yang melakukan simulasi.

Dari pengamatan kemarin, puluhan anggota diluar anggota yang simulasi ini, seusai gladi awalnya tampak duduk-duduk dan menikmati kopi dan snack serta berteduh di sekitar areal GOR. Bahkan diantaranya tampak ada yang duduk-duduk di warung depan GOR, juga banyak yang meninggalkan lokasi simulasi dan pergi dengan sepeda motor dinasnya. Melihat anggotanya tampak masih leha-leha dan juga ada yang pulang, sementara hari makin siang dan panas dan simulasi belum mulai tiba-tiba Kapolres berdiri dan marah-marah.

Kapolres sempat bergumam kalau dia sebenarnya sudah malas marah-marah, namun melihat anggotanya kurang disiplin, amarahnya muncul. Dia mengambil pengeras suara dan minta anggotanya berkumpul, berbaris rapi sampai simulasi selesai dilaksanakan. Disaksikan para pejabat Polres Jembrana dan para kapolsek, puluhan anggota tersebut diberikan wejangan dengan nada keras. “Kalian hanya disuruh nonton dan sudah enak saja makin ngelunjak. Coba kalian yang gantikan Dalmas memakai pakaian Dalmas dan berpanas-panasan, apa kalian sanggup. Coba gantian, enak mana duduk dengan main simulasi. Kalian sejak pagi sudah leha-leha bahkan ada yang sudah pulang, di mana letak disiplin kalian. Coba absen lagi itu masing-masing polsek, berapa yang pulang. Kegiatan simulasi ini kami berikan kepada tuan-tuan besar yang ada di depan saya ini agar kalian semua paham dan tahu apa yang harus dilakukan jika menghadapi masalah dan massa di lapangan ketika bertugas,” kata Kapolres berang.

Kapolres juga mengatakan hendaknya tidak ada anggota yang merasa diri hebat dan pintar. Meskipun pendidikan setinggi apapun harus selalu belajar. “Kita di sini sama-sama belajar dan masing-masing orang ada kekurangan. Jika kalian hanya mengandalkan pendidikan kepolisian dari pertama masuk saja apa itu sudah cukup? Dengan situasi seperti sekarang itu tidak cukup, masih banyak hal yang harus disimak dan dipelajari. Apa kalian tidak kasihan dengan teman-teman kalian yang kepanasan dan bermain dalam simulasi ini?” katanya.

Kapolres mengharapkan agar disiplin anggota lebih ditingkatkan lagi. Apalagi dalam situasi Pemilukada ini banyak hal yang harus diantisipasi secara dini. “Simulasi ini tujuannya bukan hanya sekadar latihan, tapi bagaimana anggota bisa mengatasi permasalahan di lapangan dengan baik sehingga tercipta ketertiban dan keamanan,” jelasnya.
Setelah melampiaskan amarahnya, Kapolres akhirnya meminta agar simulasi segera dimulai. Sementara puluhan anggota yang tidak terlibat sebagai pemain diminta tetap berdiri di bawah terik matahari dan berbaris rapi untuk menyaksikan rekannya mengadakan simulasi. (120)

Facebook

Twitter

Komentar Terakhir

Guest (kang badax)
Guest (yan kancil kerobokan)
**** merase proyek lebian ***..... Ne rugi masyarakat gen je Ajak pengguna jalan raya... Proyek NAS...
Guest (Alit wiartana krb keloid.)
Kalau kejadian ini Benar Adanya . bejat kali kau oknum apparat, Saipa yg kau suruh hormat dgn dirim...
Guest (Alit wiartana kerobokan keloid,)
Masy haruslah berhati2 dan was pada apa lagi menjelang Pilkada,banyak Akan janji di obral . Contoh i...
Guest (Alit wiartana)
Hal terse but hendaknya. Dilakukan berkelanjutan, Jgn hanya saat sidak !
Denpost - Media Komunitas Masyarakat Bali © 2011 Denpost Design by Fresh CMS